Ada empat karakteristik yang membedakan antara perusahaan jasa (service) dan perusahaan barang (goods), yaitu sebagai berikut.
1. Produk yang dihasilkan perusahaan tidak berwujud (intangibility),
yaitu sifat jasa yang tidak memiliki wujud fisik; ia hanya dapat dilihat
dan diraba.
2. Tidak dapat dipisahkan (inseparability), yaitu tidak ada pemisahan
antara produksi dan penjualan jasa. Produksi dan penjualan jasa terjadi
pada waktu yang bersamaan. Contohnya, pemberian jasa potong rambut di
salon sekaligus merupakan produksi dan penjualan produk jasa.
3. Berubah-ubah (variability), yaitu sifat jasa yang tidak dapat
distandarisasi karena sangat bergantung pada selera, waktu, tempat, dan
karakteristik konsumen.
Tidak dapat disimpan (perishability), yaitu sifat jasa yang tidak dapat
disimpan untuk dijual kembali pada waktu yang berbeda. Oleh karena itu,
perusahaan jasa tidak memiliki persediaan jasa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar